MOBIL BENSIN DAN MOBIL DIESEL.MANA YANG LEBIH BAIK????

Posted by Unknown on Tuesday, May 28, 2013






Tajuk.co – Kendaraan penumpang mesin diesel kian diminati. Sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun terus mendatangkan mobil-mobil bermesin diesel ke Indonesia. Sambutan konsumen pun cukup besar dengan larisnya mobil-mobil bermesin diesel. Terakhir, General Motor memasarkan Chevrolet Spin Diesel 1.4 liter
Hal itu terkait erat dengan kian menipisnya cadangan minyak, cepat atau lambat akan mendorong lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM). Sulit rasanya pemerintah mempertahankan kebijakan subsidi BBM mengingat besarnya alokasi anggaran untuk subsidi BBM, dan itu cenderung meningkat setiap tahunnya. Kekurangan pasokan BBM beberapa hari lalu di Jabodetabek menjadi indikator nyata beratnya beban subsidi tersebut.
Jika harga BBM terus meroket, maka efisiensi mesin kendaraan pun menjadi pertimbangan paling penting saat memilih jenis kendaraan, disamping harga mobil tentunya. Jika ditanya, mana yang lebih baik antara mobil bermesin bensin versus diesel? Jawabannya tentu akan beragam.
diesel vs gasoline
Dihadapkan keputusan untuk memilih mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar dan bensin terkadang cukup menyulitkan. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan.
Keputusan itu akhirnya kembali pada kebutuhan Anda. Jika tidak terlalu memperhatikan aspek kenyaman, trend, dan penampilan maka mobil bermesin diesel adalah pilihan yang tepat, terlebih jika digunakan untuk armada operasional usaha.
Tetap sebaliknya, bila ingin mendapatkan kenyaman gaya, serta akselerasi yang cepat pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin.
Dari segi konsumsi bahan bakar mobil diesel cenderung lebih irit dan biaya operasionalnya lebih kecil ketimbang bensin. Tapi bukan berati mobil bermesin diesel tidak banyak kekurangannya.
Konsumen tentu makin kurang tertarik bila mendengar suara dan getaran mesin diesel. Padahal, dibandingkan mesin diesel konvensional, mesin diesel saat ini dengan teknologi common rail memiliki suara lebih halus dan getarannya lebih rendah, meski belum bisa mengalahkan mesin bensin.
Lantas, apa nilai positif mesin diesel? Salah satu dan yang paling menarik adalah konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit.
Ekonomis
Nilai ekonomis operasional dari konsumsi bahan bakar yang irit dan harga solar yang lebih murah adalah daya tarik utama mesin diesel. Ini pun hanya untuk solar biasa atau biosolar dengan Premium. Bila menggunakan Pertamax, termasuk Pertamax Plus dan Pertamina Dex yang seharusnya menjadi menu harian Innova bensin dan diesel, cerita agak lain.
Dulu, ketika perbedaan harga antara solar dan bensin cukup mencolok, masalah harga ini menjadi faktor utama sebagian konsumen Indonesia memilih kendaraan bermesin diesel. Pasalnya, biaya operasi hariannya benar-benar membuat pemilik kendaraan diesel puas. Sangat murah!
Kini, dengan harga bahan bakar yang lebih murah, konsumen mobil tidak terlalu memikirkan keuntungan biaya operasional tersebut, apalagi harga antara bahan bakar diesel (solar) dan Premium perbedaannya tidak terlalu banyak.
Namun yang pasti, jika kendaraan digunakan dengan jarak tempuh harian yang jauh, dari konsumsi bahan bakar akan diperoleh keuntungan lebih besar.
Diperkirakan, pada tahun pertama, biaya investasi mesin diesel lebih besar. Tahun berikutnya ditutupi oleh biaya operasional yang lebih murah. Dan tentu saja, mesin diesel akan lebih menguntungkan kalau sering ditugaskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.
Pada tahun kedua, antara mesin Innova bensin dan diesel, nilainya sudah sama. Namun setelah itu, nilai ekonomis mesin diesel tidak bisa dikalahkan oleh mesin bensin. Setelah tahun kedua dan seterusnya, mobil diesel memberikan keuntungan ekonomis yang semakin baik.
Perawatan
Bagaimana dengan biaya perawatan? Banyak yang menilai, karena tidak menggunakan pengapian, biaya perawatan mesin diesel lebih murah. Meski begitu, ada beberapa komponen untuk mesin diesel harganya lebih mahal.
Secara umumnya, pada mesin yang diesel, komponen yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah saringan udara, saringan oli, oli mesin, dan filter bahan bakar.
Adapun mesin bensin, selain komponen seperti di atas, busi juga mendapatkan perhatian dan pergantian. Bila tidak, hal itu akan menyebabkan kerja tidak efisien, apalagi lebih sering menggunakan Premium.
Kenyamanan
Untuk yang satu ini, tak terbantahkan, mesin bensin unggul. Bila ingin menikmati kenyamanan di perjalanan, pilihan pastinya—dalam kondisi standar—mesin bensin. Suara dan getaran dari mesin bensin lebih rendah. Sebenarnya, mesin common rail sekarang ini memiliki suara dan getaran lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional.
Suara dan getaran mesin diesel bisa saja dibekap agar tidak sampai ke ruang penumpnag. Namun biayanya jadi bertambah.
Sementara itu dari sisi ketahanan (durability) mesin diesel lebih tahan terhadap lingkungan dan kondisi kerja yang lebih berat. Misalnya cuaca panas dan panas jalanan macet. Makin panas cuaca dan suhu di sekitarnya, mesin diesel makin baik.
Kelebihan lainnya, mesin diesel tidak terlalu sensitif terhadap banjir dan hujan. Mesin diesel adalah pekerja berat.
Performa
Mesin diesel common rail sekarang menghasilkan torsi lebih besar. Selain membuat kendaraan jadi lebih irit, akselerasinya juga makin baik. Di samping itu, diesel ini juga lebih cocok untuk jalanan macet atau banyak tanjakan.
Mesin bensin yang bekerja pada putaran lebih tinggi cocok untuk mereka yang suka melaju pada kecepatan tinggi. Kecepatan tertingginya lebih baik.
Dengan penjelasan tersebut di atas, pertanyaan yang muncul pada awal artikel akan terjawab.
Bila mengutamakan kenyamanan dan cuma digunakan satu atau dua tahun pertama, mobil bensin lebih cocok. Sebaliknya, jika penggunanya memprioritaskan biaya operasional yang ekonomis, pilih Innova diesel.
Berikut keunggulan dan kelemahan mesin diesel dan bensin:
Keunggulan Mobil Diesel
1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efesien.
2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara di jalan off road.
3. Berkendara dibawah sirama hujan lebat atau melintas dikondisi jalan yang banjir tidak perlu takut, karena ruang mesin diesel tidak komponen eletrikal seperti distributor atau kabel busi.
4. Bila rasio mesin bensin dibatasai oleh tekanan bensin dan udara. Pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang dikompres hanyalah udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaga akan bertambah dan sistem kerja mesin makin efisien.
5. Mesin diesel dikenal bandel. Bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada meisn bensin.
Kelemahan Mobil Diesel
1. Satu kelemahan yang paling dirasakan mobil diesel adalah suara mesin yang lebih berisik dibanding mesin bensin.
2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah
3. Untuk akselerasi mesinnya memiliki respon lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun kini, pabrikan sudah banyak mengaplikasi turbocharger untuk memperoleh tenaga spontan.
4. Beban pajak kendaraan bermotor diesel lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Karena kebanyakan cc mesinya lebih besarm dengan rata-rata 2.000 cc ke atas.
5. Harga mobil diesel kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin. Mobil diesel juga memiliki tingkat polusi cukup tinggi.
Keunggulan Mobil Bensin
1. Akselerasi mesin jauh lebih responsif dan tingkat polusi lebih rendah
2. Suara saat mesin dihidupkan hingga berakselerasi terdengar lebih halus.
3. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami sehingga dapat dengan mudah mengetahui gejala di komponen mesin jika terjadi kerusakan.
4. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.
Kelemahan Mobil Bensin
1. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tinggkat putaran mesin tinggi.
2. Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir, karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU.
3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, ini menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensi dan tangki bahan bakar.
4. Untuk beberapa tipe mobil tertentu mengharuskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi di atas 91. Jika memakai di bawah 91, akan mengalami gejala knocking dari mesin yang berdampak menurunnya 

{ 21 comments... read them below or add one }

LordBerly said...

thanks gan..sekarang ane jadi lebih paham kelebihan dan kekurangan masing2 mesin, baik diesel maupun bensin

Unknown said...

Trims info nya, jd lbh paham...

Unknown said...

info luar biasa,..makasih gan,..

Rahman Ikhwan said...

Terimakasih

Rahman Ikhwan said...

Terimakasih

Rahman Ikhwan said...

Terimakasih

C A R A K I T A said...

Thnks info nya
Jngan lupa kunjung balik ya gan
http://segalacara13tech.blogspot.co.id/2017/07/alasan-mengapa-xiaomi-mi-5x-menjadi.html?m=1

Unknown said...

Info positip..sangat membantu

admin said...

Trims infonya...

Unknown said...

Thanks buat infonya,,

Unknown said...

شكرا

Car Modifikasi said...

klo sya rasakan untuk jarak jauh jkt surabaya lebih enk disel mesinya. meskipun kurg dri sgi knyamanan tp tdk takut mogok

Isnan zaenun said...

Ok saya pilih diesel Inova

Unknown said...

Wah...

domaxasri.com said...

trim . tanya boleh ya mobil gue diesel 97 panther hi sporty belum ada turbo charger. apa bisa di tambah turbo charcher sendiri.

Unknown said...

Kira kira Ford Everest boros gak gan?

Unknown said...

Mantap...

Unknown said...

Terima kasih info nya, Sangat membantu...

Unknown said...

Terimakasih info ny

Unknown said...

Terima kasih infonya

Arthur Teknik said...

Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Rental AC untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

Salam Blogger min.

Post a Comment