LANGKAH AWAL BUDIDAYA AYAM

Posted by Unknown on Wednesday, May 29, 2013


langkah awal memulai usaha ternak ayam             

Pada artikel sebelumnya pernah kita bahas mengenai peluang usaha ternak ayam kampung. Kini dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai langkah awal memulai usaha ternak ayam. Dalammemulai usaha ternak ayam, anda perlu memperhatikan beberapa point utama yang akan menjadi kunci keberlangsungan usaha anda.
  1. Analisa produkAnalisa produk disini tentu maksudnya menganalisa karakter ayam yang akan anda pelihara. Ayam sendiri terdiri berbagai jenis. Ada ayam pedaging, ada ayam hias dan ada ayam aduan. Masing masing memiliki karakter yang berbeda. Itupun masih bisa terbagi lagi dalam berbagai jenis yang lagi lagi berbeda karakter.Misal ayam pedaging secara umum terdiri dari dua macam. Ayam buras dan ayam kampung. Sedang ayam hias sendiri biasanya yang paling terkenal ayam bekisar, ayam kate, ayam sumatera dan masih banyak lagi. Ayam aduan maksudnya disini adalah jenis ayam yang kerap dilombakan karena keindahan suaranya, seperti ayam pelung, ayam gaok dan sebagainya.
    Ayam kampung juga masih bisa anda bagi lagi seperti ayam kedu, ayam nunukan dan ayam wareng. Untukmemulai usaha ternak ayam, anda bisa pilih salah satu dan kemudian anda pelajari lebih lanjut karakternya. Bagaimana pemeliharaanya, pakannya, ,perkandangannya, kerentanannya terhadap penyakit, cara mencegah dan mengatasi penyakit.
  2. Analisa lokasiPada tahap ini anda perlu mencari lokasi yang tepat untuk menjadi tempat anda membuat kandang dan bila memang perlu tempat penjualan. Untu memulai usaha ternak ayam, anda perlu memperhatikan karakter kandang  yang dibutuhkan ayam yang akan anda pelihara, misal ayam kampung cenderung suka jika ada kawasan bebas untuk berkeliaran dibanding ayam buras yang bisa tenang dikandang.Perhatikan faktor lingkungan, seperti jauhkan dari penduduk karena biasanya kadang ayam beraroma tidak sedap, jauhkan dari kawasan kotor karena biasanya menjadi sumber penyakit. Jangan lupa perhatikan pula sanitasi, perairan yang lancar dan tentu transportasi.
  3. Analisa biayaSesuaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha anda dengan kapasitas keuangan anda. Jika anda berniat mengajukan kredit  diawal memulai usaha ternak ayam, maka persiapkan proposal rencana usaha anda sebaik mungkin untuk bisa meyakinkan pihak pemberi kredit.Dalam point ini anda perlu menekankan beberapa hal seperti biaya praproduksi, biaya penyediaan bibit, biaya perawatan, hingga biaya penjualan. Persiapkan secara detil dengan estimasi estimasi terhadap jangka panjang.
  4. Analisa pasar
    Dalam point ini anda perlu melakukan survey untuk mendapatkan target pasar yang akan anda bidik nantinya. Anda bisa menggunakan jasa berbagai koperasi yang siap membantu menyalurkan produk anda, atau anda jual sendiri dengan berperan sebagai penjual skala besar. Atau anda juga bisa menjual secara online. Apa sich yang ga bisa dijual secara online.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment